Senin, 02 Juli 2007

Ramalan sifat manusia berdasarkan eneagram

Eneagram berasal dari bahasa Yunani. Arti dari Ennea adalah sembilan sedangkan gram adalah gambar. Jadi enneagram adalah gambar lingkaran bertitik sembilan. Sedangkan Eneagram disini merupakan studi perihal karakter dasar manusia yang terbagi menjadi 9 model.

Cikal bakal enagram masih berupa misteri dan sudah ada ratusan tahun lamanya. Namun menurut sejarah eneagram telah diajarkan oleh kaum ordo sufi rahasia di Timur Tengah secara lisan di masa lampau. Guru mistis asal Rusia, G.I. Gurdjieff memperkenalkan aneagram ini ke Eropa pada tahun 1920-an dan baru sampai di Amerika pada era 1960.

Menurut metode eneagram manusia terbagi menjadi 9 karakter dasar yaitu:
1. Perfeksionis
2. Penolong
3. Pengejar prestasi
4. Romatis
5. Pengamat
6. Pencemas
7. Petualang
8. Pejuang
9. Pendamai


Ke 9 karakter tersebut terpecah menjadi 3 katagori pusat karakter, yakni:
1. Hati atau Pusat Perasaan (Citra):
Tipe Penolong - Pengerjar Prestasi - Romantis

2. Kepala atau Pusat Pikiran (Rasa Takut):
Tipe Pengamat - PEncemas - Petualang

3. Perut atau Pusat Naluriah (Rasa Marah):
Tipe Pejuang - Pendamai - Perfeksionis

Dari ke-sembilan karakter dasar tersebut masih terdapat variasi-variasi karakter pelengkap yang membentuk 3 model garis yakni: garis eneagram (bertitik 3 dan 6), garis panah dan garis sayap. Eneagram hanyalah salah satu dari sekian banyak metode untuk mempelajari tingkah laku manusia. Masih banyak lagi metode lain yang bisa dipergunakan salah satunya adalah: MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).

Jika anda tertarik untuk mempelajari secara lebih mendalam tentang enagram, anda bisa membeli buku di toko Gramedia dengan judul: Eneagram : Mengenal 9 tipe kepribadian manusia dengan lebih asyik & Eneagram of love and relationship oleh Renee Baron & Elizabeth Wagele.

Dengan mempelajari berbagai karakter manusia, membuat kita mampu memahami dan berempati terhadap prilaku-prilaku unik orang-orang yang berada di sekitar kita secara lebih bijak. Dan dengan demikian kita bisa hidup secara harmonis tanpa perlu mengalami friksi-friksi kesalahpahaman yang tidak perlu.

 -----------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

-----------------------------------------------------------------