Monday, August 1, 2011

Beberapa jenis primbon jawa








Sebagian besar masyarakat Indonesia yang mempercayai dunia ramal meramal, mereka selama ini hanya mengenal satu jenis primbon jawa yakni yang berkaitan dengan dunia ramal meramal dan analisa sifat saja. Padahal primbon jawa memiliki banyak jenis yang masing-masing memiliki fungsi & khasiat tersendiri. Terdapat 10 jenis primbon jawa yang sebagian besar hampir punah ditelan jaman keberadaannya, keseluruhan jenis primbon jawa tersebut sebagai berikut :

1. Bekti Jamal :
Primbon Jawa Bekti Jamal ini berisikan ramalan, petung alamat, tumbal kaweruh dan ilmu falak dimana ramalan primbon jawa di sini berisikan cara-cara menghitung waktu dan seluk beluk pengetahuan kejawen.

2. Weda Mantra :
Primbon Weda Mantra merupakan sebuah kitab kejawen yang berisikan tentang pelajaran ilmu gaib, berbagai macam mantra kejawen dan ilmu mistis.

3. Wejangan Wali Sanga :
Primbon wejangan wali sanga berisikan wejangan atau nasehat beserta penjelasan lengkap dari wali sanga (sembilan wali).

4. Mantra Yoga :
Primbon mantra yoga merupakan sebuah kitab yang berisikan kumpulan mantra atau doa-doa kejawen beserta penjelasan fungsinya.

5. Jangka Ranggawarsita :
Primbon Jangka Ranggawarsita merupakan primbon jawa yang berisikan kisah ramalan, penuturan jaka lodhang, perhitungan waktu/masa yang mengacu pada perhitungan masa kaladitha.

6. Primbon Jawa :
Primbon Jawa merupakan kumpulan primbon/kumpulan petuah-petuah beserta penjabarannya. Primbon Jawa inilah yang selama ini banyak dikenal dan beredar di masyarakat modern dimana primbon ini berisikan ramalan praktis hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

7. Sabda Amerta :
Primbon Sabda Amerta adalah primbon yang berisikan ramalan sabda Amerta yang secara khusus memperinci ramalan perhitungan waktu atau hari yang berisikan 7 hari dan 5 pasaran weton. Di dalam primbon sabda amerta inilah sifat-sifat seseorang bisa diramalkan berdasarkan perhitungan waktu lahirnya.

8. Serat Panangguhing Dhuwung :
Primbon Serat Panangguhing Dhuwung berisikan seluk beluk senjata keris dari cara pembuatan, nilai filosofi keris hingga hal-hal mistis magis yang berkaitan dengan senjata keris. Di dalam primbon ini diajarkan cara merawat dan mengisi kedigdayaan sebuah keris.

9. Pustaka Raja :
Primbon Pustaka Raja berisikan tentang doa-doa mantra yoga untuk memperoleh kesaktian. Intinya primbon ini diperuntukan bagi mereka yang ingin memperdalam ilmu kesaktian dimana di dalamnya berisikan mantra atau doa mistis.

10. Sabda Sasmaya :
Primbon Sabda Sasmaya berisikan 170 sabda nasehat Sasmaya berikut dengan perincian serta penjabaran ke 170 nasehat filosofis Asmaya.

Sangat disayangkan hanya primbon jawa saja yang hingga kini bisa bertahan oleh gempuran jaman sedangkan ke sembilan primbon lainnya bisa dibilang hampir punah dan hanya dikuasai oleh segelintir orang saja. Referensi dan dokumentasi lengkap dari keseluruhan primbon hampir bisa dikatakan banyak yang telah hilang atau punah padahal selain primbon tersebut memiliki nilai filosofi kejawen yang sangat tinggi, untuk sebagian jenis primbon tersebut memiliki ilmu pengetahuan mistis yang sangat ampuh bagi mereka yang ingin memperdalam kesaktian kebatinan kejawen.

------------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

----------------------------------