Jumat, 18 Februari 2011

Tentang Kucing Hoki





Bagi anda yang sering belanja atau berjalan-jalan di mall pasti pernah melihat pajangan toko berupa seekor kucing sedang mengangkat kaki depan. Kita sering menyebutnya sebagai Kucing Hoki atau dalam bahasa Jepangnya adalah : Maneki Neko (Kucing Mengundang) atau juga Lucky Cat.

Beberapa saat yang lalu saya membaca artikel dari beberapa sumber dan saya pun baru menyadari bahwasanya Kucing Hoki ini ternyata tak ada kaitannya dengan Feng Shui. Dalam ilmu ramalan Feng Shui, boneka Kucing Hoki ini tidak ada fungsi sama sekali selain hanya sebagai benda mempercantik ruangan saja.

Kucing Hoki atau Maneki Neko adalah produk budaya Jepang yang telah muncul semenjak era Edo (1603-1867 M). Di jaman Jepang modern, pusat kerajinan Kucing Hoki ini berada di pinggiran kota Takasaki yang termasuk dalam Prefektur Gunma. Di Jepang sana, boneka ini masih populer dan biasanya orang Jepang membelinya pada saat tahun baru sebagai perlambang harapan untuk memperoleh keberuntungan.

Sosok Kucing Hoki biasanya digambarkan sebagai kucing belang 3 dan sedang mengangkat salah satu kaki depannya. Biasanya dibuat dengan bahan keramik, ada yang berwarna kuning keemasan, putih maupun hitam. Di jaman modern ini, ada juga Kucing Hoki robot yang dibuat dari plastik sehingga bisa mengayun-ayunkan kaki depannya yang terangkat sehingga memberi kesan sedang melambai-lambai mengundang siapa pun yang menatapnya. Ada juga beberapa versi boneka Kucing Hoki dimana salah satu kaki depannya yang terangkat sedang mencengkram koban (koin emas Jepang).

Ternyata salah satu kaki depan yang diangkat dari sosok Kucing Hoki ini pun memiliki sebuah makna yakni : apabila kaki kanan Kucing Hoki yang diangkat berarti boneka ini memiliki fungsi untuk mengundang uang (koban = uang koin emas jepang) sedangkan apabila yang diangkat adalah kaki depan sebelah kiri maka Kucing Hoki berkhasiat untuk mengundang pelanggan atau tamu. Tak ayal jika boneka Kucing Hoki ini banyak diletakan di tempat-tempat perdagangan.

Boneka Kucing Hoki adalah salah satu kepercayaan yang berasal dari budaya Jepang, jadi tidak ada hubungannya dengan ilmu ramal meramal Feng Shui. Apabila ada yang menyakini fungsi Kucing Hoki ini dan memasangnya maka semua itu tetap diserahkan kepada kepercayaan masing-masing.

------------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

----------------------------------