Sabtu, 19 Februari 2011

Menyikapi kejahatan dengan analisa dan intuisi




Gambar : 1001 Tarot


Kejahatan berupa penipuan, pencurian maupun hal serupa tidak hanya terjadi di dunia nyata saja namun di dunia maya/internet pun kerap terjadi. Sebagian besar para wirausaha yang melakukan perdagangan di dunia internet pastilah pernah dikunjungi oleh penjahat dengan beberapa jenis modus yang berbeda-beda namun bertujuan sama buruknya. Demikian juga dengan diri saya sendiri, meskipun saya membuka usaha di bidang jasa konsultasi spiritual namun tetap tak luput dengan gangguan dari orang-orang jahat.

Dari beberapa pengalaman yang saya temui dengan para penjahat/penipu, modus tindakan mereka bisa dipaparkan sebagai berikut :

1. Pushing luck (mengadu untung)
Seperti bunyi slogan di sebuah acara TV swasta : Kejahatan bisa terjadi karena adanya kesempatan. Demikian pun kebanyakan penjahat/penipu di dunia maya juga mengadu untung dengan cara mengacak dan mendatangi korban biasanya melalui email, chatting bahkan telepon secara langsung. Cara bicaranya biasanya lancar dan percaya diri.
Dari hasil pengamatan saya, apabila yang jadi korban perempuan biasanya sebagian besar pelaku kejahatan di internet adalah laki-laki. Demikian juga sebaliknya, apabila korbannya laki-laki maka kebanyakan pelaku kejahatannya adalah perempuan. Meskipun tidak slamanya slalu begitu.

2. Terjadi pengulangan :
Kebanyakan penjahat/penipu di dunia internet pun juga memiliki kecenderungan melakukan pengulangan pola kejahatan atau modusnya. Apabila seorang korban berhasil ditipunya maka suatu saat nanti, si penjahat cenderung akan mendatangi korban untuk melakukan tindakan yang sama. Namun bila si korban tidak terkena tipu dayanya dan di masa depan ternyata si korban masih membuka usahanya di internet maka biasanya si penjahat akan kembali lagi namun dengan modus yang berbeda.
Jadi, apabila anda pernah didatangi penipu/penjahat maka waspadalah karena pada suatu masa nanti mereka masih akan kembali menganggu dengan bentuk yang berbeda.

3. Terjadi peningkatan target :
Di dunia maya pun penjahat/penipu memiliki kecenderungan meningkatkan target buruannya, persis halnya kejahatan di dunia nyata. Apabila pada suatu masa anda pernah tertipu pulsa maka pada sesi berikutnya si penjahat dan komplotannya, akan meningkatkan targetnya berupa uang atau hal berharga lainnya.

Dari itu semua, kebanyakan penipu atau penjahat bisa menemukan target/korban dengan cara si penjahat surfing di search engine, bergabung di milis-milis wirausaha, atau bergabung pada iklan-iklan mini di internet. Jika kita analisa lebih lanjut, kebanyakan penjahat/penipu itu cenderung orang atau kelompok yang sama.

Berikut ini beberapa pengalaman yang saya alami selaku konsultan spiritual :
- Si penipu menghubungi saya via telepon atau chatting dengan menggunakan no hp dan/atau menggunakan id chatting yang berbeda-beda hanya untuk memaksakan kehendak mendapatkan ramalan gratis dan sejenisnya.
- Si penipu pura-pura sudah melakukan transfer yang kemudian meminta saya untuk cek di atm agar saya justru mentransfer uang ke mereka.
- Si penipu pura-pura dari luar negeri lalu ujung-unjungnya dia meminjam no rekening bank saya dengan alasan ingin mentransfer sejumlah dana.
- dan masih banyak lagi

Beberapa tindakan yang perlu anda lakukan bila didatangi penipu di dunia maya :
-
Catat, ingat dan jika perlu anda rekam isi pembicaraannya. Kenali pola bicara/kalimat serta nada bicaranya. Sehingga bila anda kembali didatangi mereka dengan no hp atau id chatting yang berbeda-beda, maka anda bisa langsung mengusirnya.
- Pergunakan intuisi atau naluri anda. Bila anda merasa ada yang tak beres maka segera anda putuskan hubungan.
- Tetap tenang dan jangan terpancing emosi. Biasanya si penjahat/penipu akan menggertak, atau menjatuhkan mental atau justru menantang kita ketika kita hendak menanyakan lebih detail identitas mereka. Misalnya saja ketika kita hendak menanyakan kepastian transfer, biasanya mereka justru lebih galak dibandingkan kita.
- Jangan mudah terpancing keuntungan yang terlalu fantastis dan menggiurkan dari seseorang yang tak jelas identitasnya.
- Lakukan kordinasi dengan pihak bank, kepolisian dan juga teman atau sanak saudara agar saling melindungi.
- Bila anda menerima no hp sulit diingat nomornya dan id chatting pun namanya aneh-aneh maka anda perlu waspada.
- Jangan menerima panggilan telepon yang menggunakan private number/no hp disembunyikan.

Tanpa bermaksud rasis, ada 2 suku bangsa tertentu yang memang sudah terkenal licik dan sudah menjadi rahasia umum sering melakukan kejahatan dalam bentuk berbeda-beda misalnya : ingkar janji dalam bisnis, memeras dan lain-lain. Bila anda kebetulan berurusan dengan mereka maka anda perlu meningkatkan kewaspadaan baik secara perjanjian hukum maupun tindakan lainnya.

Untuk postingan berikutnya, saya akan berbagi 3 kejadian penipuan yang pernah saya alami dan semoga bisa jadi pembelajaran kita bersama.

------------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

----------------------------------