Sunday, April 8, 2012

Tujuan bermeditasi






Gambar: Buddah Tarot




Teknik bermeditasi banyak ragamnya, demikian pula orang yang melakukan meditasi memiliki berbagai macam tujuan dan keinginannya. Hasil akhir meditasi pun bergantung dari niat awal si pelaku meditasi, ada yang bertujuan untuk meningkatkan kesaktian ada pula untuk tujuan memperoleh jalan terang spiritual. Tidak ada aturan baku yang diterapkan, semua bergantung sepenuhnya dengan pribadi masing-masing.

Bagi saya, tujuan fundamental meditasi adalah agar kita memiliki kendali penuh atas hati, pikiran, jiwa dan badan fisik. Dengan bermeditasi kita bisa menjadi tuan bagi diri sendiri secara internal maupun eksternal. Pengendalian penuh atas diri pribadi akan sekaligus memampukan kita untuk penjadi pengamat atas apa saja gejolak yang tengah kita alami baik berupa kegelisahan emosional, hawa nafsu, ambisi, ego/keakuan demikian juga impuls-impuls positif lain seperti riang gembira, terpukau atau terpesona dan semacamnya.

Segala bentuk gejolak yang terjadi di alam bawah sadar maupun alam sadar tidaklah mungkin bisa dihilangkan karena itu sudah menjadi fitrah manusia untuk memilikinya. Tidak bisa dihilangkan bukan berarti tidak bisa dikendalikan. Tujuan utama kita berperan sebagai pengamat atas apa yang terjadi di dalamnya akan memampukan kita untuk mengendalikannya. Tak perlu memaksakan diri dalam proses pengamatan tersebut, cukup diamati tanpa perlu dianalisa atau dipikirkan secara logika. Kita hendaknya menjalani proses ini mengalir begitu saja. Alhasil meditasi yang kita lakukan akan merubah diri kita menjadi seorang insan yang mawas diri, eling dan tercerahkan dengan sendirinya.

Dalam upaya memperoleh jalan pencerahan dan eling ini, setiap orang berbeda-beda proses perjalanannya. Ada yang cepat ada pula yang perlu waktu bertahun-tahun lamanya. Namun sayangnya, banyak pejalan spiritual berhenti di tengah jalan karena merasa upaya lelaku spiritualnya tidak memberikan hasil seperti yang diinginkannya. Untuk hasil yang optimal dan berkelanjutan tidak ada jalan pintas dan instan. Yang terpenting adalah kesabaran, keuletan dan pembelajaran terus menerus namun jangan berambisi agar jalan terang spiritual lebih mudah ditemukan.
------------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

----------------------------------