Saturday, April 14, 2012

Mangkuk bunyi tibetan singing bowl




Gambar: Fractal Universe Tarot



Beberapa bulan yang lalu saya membeli dua buah tibetan singing bowl dalam rangka untuk melengkapi prosesi meditasi hening yang biasa saya lakukan setiap pagi dan malam. Tibetan singing bowl cukup sulit mencari padangan katanya dalam bahasa Indonesia maka dari itu saya artikan menjadi Mangkuk Bunyi Tibet. Harganya cukup mahal karena memang diimport dari Nepal dan juga buatan tangan. Dipercaya Tibetan Singing Bowl yang saya beli ini mengandung 7 bahan alam yang menyimbolkan 7 entitas suci langit.

Tibetan Singing Bowl memiliki sejarah panjang berusia ratusan tahun dan pada awalnya hanya dipergunakan oleh para pertapa spiritual dan shaman. Kemudian benda ini juga mulai dipergunakan di Tibet sebagai salah satu media meditasi hening oleh para riponche dan biksu Buddha Tibet. Namun di masa modern ini berbagai profesi seperti pemusik, ahli pengobatan tradisional maupun kedokteran, guru spiritual juga mulai menggunakan Tibetan Singing Bowl dengan berbagai macam tujuan, sebagian besar sebagai media penyembuhan untuk penyakit seperti kanker maupun luka batin. Untuk penyembuhan kanker, beberapa ahli kedokteran menggunakan Tibetan Singing Bowl menggunakan pendekatan psikologis si penderita.

Tibetan Singing Bowl memiliki beberapa fungsi esoterik maupun eksoterik diantarany adalah untuk memurnikan energi di dalam ruangan, memurnikan dan menyeimbangkan vibrasi pikiran melalui meditasi hening dan ada pula yang dipergunakan untuk menstabilkan aliran 7 chakra. Sebenarnya masih banyak fungsi tersembunyi lain dari Tibetan Singing Bowl dan sebagian besar masih dirahasiakan oleh aliran-aliran spiritual yang menggunakannya.

Ukuran Tibetan Singing Bowl bermacam-macam. Semakin tua usianya maka benda ini semakin mahal harganya karena semakin tua maka getaran yang dikeluarkannya biasanya akan semakin kuat. Tibetan Singing Bowl yang paling bagus adalah hasil kerajinan tangan langsung dari Nepal. Namun negara seperti Jepang dan Korea kini juga mulai memproduksinya. Ada yang terbuat dari besi kuningan dan ada juga versi modern yang dibuat dengan menggunakan bahan baku batu kristal.

Cara penggunaan Tibetan Singing Bowl ini adalah dengan cara digosok menggunakan semacam tongkat kayu yang dilapisi kulit tipis atau cukup kayu saja di bagian bibir Tibetan Singing Bowl, gesekan tongkat ini akan menghasilkan suatu bunyi dan vibrasi. Ada sebuah pantangan penting jika kita memiliki Tibetan Singing Bowl yakni : jangan sampai benda ini terjatuh karena akan merusak suara dan vibrasi yang dikandung oleh Tibetan Singing Bowl.

Berikut ini salah satu contoh seni musik meditasi dengan menggunakan Tibetan Singing Bowl:



------------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

----------------------------------