Saturday, August 20, 2011

Perbedaan hidup selibat dan aseksual




Gambar : Nose Tarot


Sebagian besar orang sedikit banyak sudah memahami apa arti Hidup Selibat namun ketika seseorang mendengar kata Aseksual maka yang terbesit biasanya adalah sosok orang yang tidak jelas jenis kelaminnya.

Aseksual dalam hal ini bukan berarti gambaran seseorang yang tidak memiliki kejelasan jender atau alat reproduksi. Meskipun dalam ilmu kedokteran, istilah aseksual mengacu pada kondisi tentang jender yang bias atau tak jelas. Aseksual yang hendak dibahas di blog ini adalah mengenai jenis orientasi seks yang dijalani oleh seseorang.

Aseksual yang terkadang juga disebut sebagai non-seksualitas dalam sudut pandang yang lebih luas dinilai sebagai sesuatu yang terjadi karena berkurangnya ketertarikan seks seseorang atau bisa juga disebabkan oleh berkurangnya gairah seks. Aseksual dipandang sebagai prilaku dan gaya hidup, berbeda dengan hidup selibat. Terkadang bagi orang yang menjalani hidup sebagai aseksual, hubungan seks tetap dilakukan lebih karena dorongan biologis libido bukan disebabkan karena timbulnya ketertarikan seks secara emosional.

Antara hidup selibat dan aseksual sebenarnya dua hal yang serupa tapi tak sama. Hidup selibat dan aseksual memiliki kemiripan dalam hal komitmen. Hidup selibat dan aseksual sama-sama hidup dalam kesendirian tanpa terikat dalam segala bentuk hubungan cinta kasih baik secara legal maupun atas kesadaran sendiri. Namun yang membedakan diantara keduanya adalah : hidup selibat didasari oleh panggilan atau kesadaran hidup menyendiri atas dasar agama atau sudut pandang spiritual sedangkan aseksual melakukan hidup bebas tanpa ikatan atas dasar alasan pribadi dan juga berdasar pada orientasi seksual personal.

Orang yang menganut paham Aseksual, meskipun dia tidak tertarik dan bergairah secara seks terhadap orang lain namun sebagian besar diantara mereka ada juga yang memiliki ketertarikan untuk terikat secara emosional dan cinta kasih. Inti kata, hubungan atau komitmen yang sepenuhnya dilandasi cinta dan kasih sayang tanpa dibumbui sex di dalamnya. Beberapa jenis aseksual semacam ini bisa dikategorikan sebagai berikut :

Aromantis
Hubungan aseksual yang berkurang kadar ketertarikan romantis terhadap siapapun

Biromantis
Hubungan aseksual yang melibatkan ketertarikan romantis terhadap ke dua gender (pria dan wanita). Sedikit berbeda dengan konsep biseksual dimana dalam hubungan biseksual dibutuhkan suatu bentuk komitmen.

Heteroromantis
Hubungan aseksual yang melibatkan ketertarikan romantis terhadap lawan jenis.

Homoromantis
Hubungan aseksual yang melibatkan ketertarikan romantis terhadap sesama jenis. Sedikit berbeda dengan hubungan homosexual dimana dalam hubungan homosex membutuhkan suatu bentuk komitmen.

Panromantis
Hubungan aseksual yang melibatkan ketertarikan romantis terhadap semua jenis jender atau tanpa jender yang jelas.

Transromantis
Hubungan aseksual yang melibatkan ketertarikan romantis terhadap orang yang berjender tak jelas/waria/wadam/hemaprodit.

Polyromantis
Hubungan aseksual yang melibatkan ketertarikan romantis terhadap lebih dari satu jender. Hal ini berbeda dengan Biromantis dimana konsep dalam aseksual biromantis hanya berlaku dua jenis jender saja.

Perbedaan yang menyolok antara Hidup Selibat dengan hidup secara Aseksual adalah : Dalam konsep Hidup Selibat para pelakunya benar-benar melepaskan ikatan hawa nafsu sex dan cinta kasih secara total yang bertujuan untuk pembersihan diri secara religius maupun spiritual. Di dalam konsep Hidup Selibat, ikatan cinta kasih secara emosional terhadap orang lain ditiadakan. Cinta kasih di dalam konsep Hidup Selibat bersifat universal dan jauh dari tendensi nafsu serta birahi.

Semakin modern dan maju cara berpikir manusia maka semakin rumit pula cara dan konsep manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Seringkali bagi kita yang masih awam, konsep-konsep hidup semacam aseksual ini terdengar sedikit aneh tapi nyata.

------------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

----------------------------------