Jumat, 19 Agustus 2011

Arwah pelindung dalam tarekat kejawen





Dalam budaya jawa terutama penganut tarekat kejawen meyakini bahwasanya setiap insan yang terlahir di dunia, mereka memiliki saudara tak kasat mata atau saudara halus. Saudara kembar ini berupa nur cahaya yang secara umum bisa dikatakan juga sebagai arwah pelindung bagi orang yang bersangkutan. Adapun istilah dalam tarekat kejawen disebut sebagai sedulur papat kalimo pancer (empat saudara pancer lima).

Sedulur papat kalimo pancer ini lahir bersamaan dengan si jabang bayi dan tumbuh besar di alam kasuyatan seiring dengan pertumbuhan bayi tersebut di dunia fana ini. Sedulur papat kalimo pancer ini jika diuraikan menjadi:
Kakang kawah
Diartikan sebagai kakak kawah. Kakanng Kawah ini dalam wujud fisik merupakan selaput yang melindungi si jabang bayi dalam rahim ibu. Kakang Kawah berwarna putih dan posisinya berada di sebelah timur.

Adi Ari-ari
Diartikan sebagai Adik ari-ari. Adi ari-ari ini berwujud fisik ari-ari bayi, berwarna kuning dan berada di arah barat.

Getih
Diartikan sebagai darah. Getih ini berwujud darah yang keluar bersamaan dengan si jabang bayi ketika dilahirkan. Getih berwarna merah dan berada di arah selatan.
Puser
Diartikan sebagai pusar. Puser atau pusar pada bayi yang dipotong pada saat si jabang bayi dilahirkan. Puser ini berwarna hitam dan berada di arah utara.
Pancer
Pancer atau bleger merupakan wujud jasmani gaib kembaran dari si jabang bayi yang ikut lahir bersamaan.

Apabila seseorang hendak melakukan tapabrata dan melakukan syukuran demikian juga dalam prosesi ruwatan tertentu, dalam ritualnya disertakan juga bubur merah putih sebagai persembahan kepada Sedulur Papat Kalimo Pancer pelaku ritual yang bersangkutan.

Bubur merah putih tersebut terbagi menjadi 5 bentuk sebagai perwakilan masing-masing Sedulur Papat Kalimo Pancer yakni berupa : sepiring bubur merah, sepiring bubur putih, sepiring bubur setengah merah setengah putih, sepiring bubur merah berpalang putih dan sepiring bubur putih berpalang merah.

Di dalam kepercayaan tarekat kejawen, bagi siapapun yang melakukan ritual tapa brata dan membuka komunikasi dengan saudara halusnya maka saudara halus yang bersangkut akan menjaga saudara fisiknya agar dia tetap selamat, sejahtera dan jauh dari gangguan.

------------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

----------------------------------