Minggu, 28 Maret 2010

Empat hal untuk hidup bahagia





Gambar : Celtic Roses tarot



Baru-baru ini saya membaca buku yang isinya sangat berkesan bagi diri saya. Buku ini berjudul 'A Pearl of Awareness' karya Vikas Malkani. Banyak renungan dan pembelajaran hidup yang bisa saya petik setelah membaca isi buku ini dan yang paling berkesan adalah artikel yang berisikan 4 hal yang harus kita hindari agar kita bisa membuat kita bahagia.

Empat yang harus dihindari tersebut adalah :
1. Hindarilah lingkungan yang bermasalah
Lingkungan yang bermasalah biasanya memicu konflik. Hal-hal kecil bisa menjadi besar sehingga bisa menimbulkan korban dan dampak merugikan.

2. Hindarilah prilaku diri yang bermasalah
Prilaku diri yang bermasalah selain bisa merugikan diri sendiri dan lingkungan juga menjadi pemicu kegagalan dalam menjalani segala aspek kehidupan seperti cinta kasih, karir, keuangan dan juga spiritual.

3. Hindarilah orang yang bermasalah
Orang yang bermasalah jika kita dekati hanya akan menimbulkan kerugian materi dan emosi. Selain itu, orang yang bermasalah biasanya juga hanya akan menjadi beban secara keseluruhan. Sifat manusia yang bermasalah bisa berupa : egois, bohong, suka selingkuh, suka mencuri, suka mabuk dan sifat-sifat negatif lainnya. Cepat atau lambat jika iman dan karakter kita sendiri lemah, maka kita pun bisa terpengaruh dan meniru prilaku orang tersebut.

4. Hindarilah sumber yang bermasalah
Sumber yang bermasalah bisa berupa hasil kekayaan yang tak halal atau meraih sesuatu dari hasil menipu atau mencurangi pihak lain. Dalam jangka pendek hasil instan yang didapat memang memuaskan namun dalam jangka panjang, sesuatu yang didapat dari sumber yang bermasalah lambat laun akan semakin meningkat intensitasnya. Hidup menjadi serakah dan gelisah tanpa ada rasa puas. Secara materi bisa terpuaskan namun secara batin timbul siksaan.

Memang tidaklah mudah untuk menghindarinya namun jika kita mampu menghindari 4 hal tersebut, niscaya hidup kita akan lebih berbahagia. Tutur kata dan prilaku kita disadari atau tidak banyak dipengaruhi dan dibentuk oleh 4 hal di atas. Diperlukan kontemplasi dan intropeksid diri sepenuhnya untuk menyadari segala sesuatunya apakah sudah selaras atau bermasalah. Semakin kita jeli menilai maka semakin mudah kita bisa menghindari ke 4 hal tersebut.

 -----------------------------------
Untuk berkonsultasi dengan Priyashiva Akasa Dwijendra/Priyashiva Akash, anda bisa menghubungi 
Telp/WA: +62 856 70 345 22 (Syarat & Ketentuan Berlaku)  

Priyashiva Akasa Dwijendra
-------------------------------
YouTube Channel :
Acara TV Priyashiva Akasa Dwijendra

-----------------------------------------------------------------